Menyajikan Informasi Istimewa dan Penting

Memuat...

Jumat, 15 Juli 2016

Sisi Gelap Sihir: 7 Cara Ampuh Menangkal Serangan Sihir - 7 (Tamat)

BELANTARA- Tak ada manusia yang sepenuhnya aman dari  serangan sihir, karena perbuatan keji seperti itu dipicu oleh banyak faktor, antara lain dendam atau sakit hati, karena persaingan bisnis atau karena rasa suka yang bertepuk sebelah tangan.

Orang baik-baik yang tidak pernah menzalimi orang lain pun dapat saja terkena sihir jika ada yang dengki kepadanya. Bahkan Rasulullah pun pernah disihir oleh seorang Yahudi bernama Labid bin Al A’sham sebagaimana dikisahkan Aisyah rahimahullah:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah disihir, sehingga Beliau merasa seolah-olah mendatangi istri-istrinya, padahal tidak melakukannya” (HR Al Bukhari dan Muslim).

Berikut cara-cara mencegah diri dari serangan sihir sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW seperti dilansir almanhaj.or.id:

1. Senantiasa mentauhidkan Allah Azza wa Jalla dan bertawakkal kepadaNya di setiap kesempatan, serta menjauhi perbuatan syirik dengan segala bentuknya. 

Dalam surah An Nahl ayat 99-100 Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang menjadikannya sebagai pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah”. 

Ketika Menafsirkan ayat ini, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di berkata: “Sesungguhnya setan tidak memiliki kekuasaan untuk mempengaruhi (mengalahkan) orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya semata, yang tidak ada sekutu bagiNya, maka Allah SWT akan membela orang-orang mu’min yang bertawakkal kepadaNya dari setiap kejelekan setan, sehingga tidak ada celah sedikitpun bagi setan untuk mencelakakan mereka”. 


2. Menjalankan setiap kewajiban yang Allah SWT perintahkan, menjauhi setiap larangan-Nya, dan bertaubat atas setiap perbuatan dosa dan kejelekan. 

Rasulullan SAW bersabda kepada Ibnu ‘Abbas RA: "Wahai anak, sesungguhnya aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat. Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu…” (HR Tirmidzi kitab Shifatil Qiyamah)


3. Tidak membiarkan anak-anak berkeliaran saat akan terbenamnya matahari. 

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Jika malam telah masuk, jika kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian. Sesungguhnya setan berkeliaran pada waktu itu. Tatkala malam telah datang sejenak, maka lepaskanlah mereka”. [HR Bukhari Muslim].


4. Membersihkan rumah dari salib, patung-patung dan gambar-gambar yang bernyawa, serta anjing. 

Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat benda-benda tersebut. 

Malaikat juga tidak akan memasuki rumah yang didalamnya terdapat piranti-piranti yang dapat melalaikan umat Islam dari Tuhannya, seperti seruling dan alat  musik.


5. Memperbanyak membaca Al Qur`an dan manjadikannya sebagai dzikir harian. 

Dari Abu Hurairah Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian layaknya kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al Baqarah”.


6. Membentengi diri dengan doa-doa dan ta’awudz serta dzikir-dzikir yang disyariatkan, seperti dzikir pagi dan sore, dzikir-dzikir setelah shalat fardhu, dzikir sebelum dan sesudah bangun tidur, do’a ketika masuk dan keluar rumah, do’a ketika naik kendaraan, do’a ketika masuk dan keluar masjid, do’a ketika masuk dan keluar kamar mandi, do’a ketika melihat orang yang mandapat musibah, serta dzikir-dzikir lainnya.

Ibnul Qayyim berkata;”Sesungguhnya sihir para penyihir itu akan bekerja secara sempurna bila mengenai hati yang lemah, jiwa-jiwa yang penuh dengan syahwat yang senanantiasa bergantung kepada hal-hal rendahan. Oleh sebab itu, umumnya sihir banyak mengenai para wanita, anak-anak, orang-orang bodoh, orang-orang pedalaman, dan orang-orang yang lemah dalam berpegang teguh kepada agama, sikap tawakkal dan tauhid, serta orang-orang yang tidak memiliki bagian sama sekali dari dzikir-dzikir Ilahi, doa-doa, dan ta’awwudzaat nabawiyah.” 


7. Memakan tujuh butir kurma ‘ajwah setiap pagi hari. Soal ini Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang makan tujuh butir kurma ‘ajwah pada setiap pagi, maka racun dan sihir tidak akan mampu membahayakannya pada hari itu”. (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam HR Muslim juga disebutkan bahwa kurma 'ajwah yang paling afdol atau yang paling utama untuk dimakan adalah yang berasal dari kota Madinah atau korma yang pohonnya tumbuh di antara dua kampung di kota itu. (berbagai sumber/Tamat)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KALENDER

Calendar Widget by CalendarLabs

PENGINGAT WAKTU

Arsip

Flag Counter

Total Pageviews